Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan dibawah ini :
Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari
seni, untuk hiburan, untuk seni komersial,
Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan.
Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk
menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi
multimedia
Hiburan dan seni rupa
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan,
khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan
populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang
telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video
games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai
penerima pasif informasi.
Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer
dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna
melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar
yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah
istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan
hiburan, terutama hiburan multimedia.
Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi
Komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau
industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai
sebuah kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak
Perindustrian
Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan
informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini
juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan
produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
Matematika dan penelitian ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk
modelling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model
molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat
baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of
Multimedia.
Kesehatan
Dalam Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau
mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit
menular oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk
mencegahnya.
Gambar Dokumen
Pengambil foto copy / dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital